Skip to main content

Versi dan Evolusi Android Dari Masa-Kemasa


Pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan android sistem oprasi termutakhir dan banyak digunakan oleh semua vendor dan semua orang, nama android dan tingakatanya sendiri seperti yang kita ketahui selalu menggunakan nama-nama makanan manis yaitu coklat dan sejenisnya. Namun tahukah anda apa saja nama-nama android dari versi pertamanya dan bagai mana perkembagannya sampai sekarang. Berikut saya akan ulas dalam perkembangan Os android dari masa-kemasa.


1. Android 1.0

smartphone Android pertama HTC Dream adalah yang disebut-sebut sebagai smartphone yang menggunakan sistem oprasi android v1.0 diperkenalkan petama kali pada tahun 2008. tentunya ini Sistem operasi ini yang sangat sederhana. Kala itu penguna smartphone/ fiture phone harus beradaptasi dengan peradaban baru dalam menggunakan prangkat smartphone


Jika hari ini kita terbiasa menggulir layar ke bawah untuk melihat notifikasi, perlu diketahui bahwa asal-muasalnya semua notifikasi itu dari android 1.0 ini lah asalnya. Pada versi ini Google untuk pertama kalinya memperkenalkan mekanisme pengecekan notifikasi yang kerap diistilahkan pull-down notification tersebut.

Selain notifikasi, komponen lainya pada Android 1.0 yang masih digunakan hingga kini adalah layanan gmail, widget aplikasi, serta toko aplikasi Google Play Store yang kala itu masih bertajuk "Market".


2. Android 1.5 Cupcake

diperkenalkan pada tahun 2009 Android 1.5 Cupcake adalah debut versi Android yang menggunakan nama kudapan manis. Pada Cupcake, update dari sebelumnya Google memperkenalkan SDK widget untuk developer pihak ketiga. Gunanya agar aplikasi pihak ketiga bisa memiliki widget sendiri layaknya aplikasi bawaan Google. Dua pembaruan signifikan pada Cupcake juga meliputi kemampuan perekaman video dengan kamera ponsel, serta kemampuan keyboard layar sentuh. 

3. Android 1.6 Donut
Masih di tahun yang sama, Google tak sabar menghadirkan Android baru bertajuk "Donut". Pada versi ini, Google mengumumkan bahwa Android bisa digunakan untuk perangkat mobile dengan ukuran layar berapa saja.  Android Donut juga memunculkan kolom pencarian pada antarmuka ponsel. Pengguna bisa mencari informasi di internet, file lokal, kontak, dan apa saja secara lebih cepat dengan kolom tersebut. 

4. Android 2.0 Eclair (2009)
lagi ditahun 2009 tahun produktif bagi Google dalam mengembangkan sistem operasi Android. Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi Google Maps.  Sistem tersebut menjadi awal mula era GPS yang sekarang bukan hanya di ponsel saja, tapi juga di mobil-mobil modern atau otonom yang ada saat ini. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video.  Kemampuan membuka layar alias unlock-screen dengan mekanisme menyapu atau swipe juga diperkenalkan pada Eclair.


5. Android 2.2 Froyo

dikeluarkan pada Tahun 2010, selain meluncurkan Android Froyo, Google juga menghadirkan ponsel Nexus pertama yang dinamai "Nexus One". Pembaharuan kali ini dapat dilihat Dari segi tampilan, Android Froyo memungkinkan lima panel layar depan alias home screen. Sebelumnya, batas panel cuma sampai tiga saja, Selain itu Android Froyo juga menambah pilihan keamanan penguncian bagi pengguna. Dari yang awalnya hanya penguncian pola (pattern lock), hingga akhirnya dilengkapi dengan opsi penguncian PIN atau PIN lock.

6. Android 2.3 Gingerbread
Menyadari kebutuhan pengguna smartphone yang hobi berfoto selfie, Google pun membangun versi Gingerbread dengan kemampuan kamera depan untuk membidik foto mandiri. Pada versi ini, pengguna juga bisa melihat desain ulang antarmuka yang cukup signifikan.  Selain itu, dari segi fungsi, Gingerbread memungkinkan pengguna memencet keyboard virtual secara berbarengan alias multitouch. Kemampuan ini dipertahankan hingga sekarang dengan berbagai peningkatan kinerja.

7. Android 3.0 Honeycomb
Android 3.0 Honeycomb diperkenalkan pada tahun 2011 Sistem operasi ini mendukung kemampuan tombol virtual untuk home, back, dan menu, untuk pertama kalinya. Sasarannya pun lebih ke perangkat tablet ketimbang smartphone. Pada masa itu, memang pasar tablet sedang marak dipasaran.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
pembaharuan pada Versi ini membawa kemampuan pada Honeycomb tapi lebih menyasar smartphone. Seperti misalnya kemampuan tombol virtual yang hingga sekarang banyak diimplementasikan para vendor pada beberapa smartphone dan Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya. 

9 Android 4.1 Jelly Bean (2012)
update tan  pada versi ini Android  membawa pembaruan yang cukup signifikan 
Salah satunya, Jelly Bean memungkinkan pengguna menggulir (scroll) cepat home screen ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting, seperti agenda, email, dan laporan cuaca. Sebelumnya, pengguliran ke bawah cuma memperlihatkan notifikasi aplikasi. 

Selain itu, Jelly Bean merupakan upaya pertama Google untuk menghadirkan asisten digital yang dinamai Google Now sama seperti sisri pada apple. Mulai dari versi ini, Google semakin meningkatkan pengembangan untuk membuat asisten digital yang lebih hidup, manusiawi, dan relevan bagi pengguna.  


10. Android 4.4 KitKat

Butuh setahun bagi Google untuk menghadirkan KitKat. Versi Android ini memberikan suasana yang segar dengan pembaruan antarmuka beraksen putih dan biru muda. Pada KitKat, Google menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara atau disebut "Ok, Google". Fitur ini dirundung puji-pujian dari para pakar teknologi.  Di saat bersamaan, Google juga meluncurkan aplikasi pesan singkat Hangouts untuk pertama kalinya. Sayangnya, belakangan Hangouts dilabeli sebagai layanan Google yang gagal karena tak menuai penetrasi yang memuaskan. 

11.  Android 5.0 Lollipop
Pembaruan yang mencolok pada Lollipop tampak dari sisi desainnya yang diperhalus dan disesuaikan dengan zaman. Selain itu, fitur-fitur yang sudah hadir pada Android sebelumnya ditingkatkan.  Inovasi kurang terasa pada versi ini. Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer, atau graphic designer menyimpan file dengan ukuran besar agar bisa diedit tanpa mengurangi kualitas. Selain tiu juga ada pembaharuan antara dari android lolipop ini dari v5.0, 5.0.1 sampai v5.0.2




12. Android 6.0 Marshmallow (2015)
Menu aplikasi pada Android Marshmallow benar-benar dibuat baru. Desainnya membuat pengguna merasa naik kelas dari versi sebelumnya karena lebih dinamis.  Selain itu, ada juga fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi. Rentan waktu pengecekannya bisa disetel dari tiga jam yang lalu hingga 24 jam sebelumnya. 

Pembaruan kedua ditilik dari pengaturan volume. Pada Marshmallow, pengguna bisa mengontrol volume yang berbeda-beda pada panggilan, media, dan alarm. 
Keamanan juga mendapat peningkatan pada versi ini. Google memungkinkan vendor menyematkan sensor pemindai sidik jari karena sudah didukung Marshmallow. 

13. Android 7.0 Nougat (2016)
Google benarkan LG v20 sebagai ponsel baru pertama dengan Android Nougat 7.0. Nougat adalah versi Android termutakhir yang baru diperkenalkan pada ajang kumpul developer Google I/O, pertengahan 2016 ini. Beberapa lama setelahnya, Google menghadirkan Nougat secara resmi untuk publik.  Pembaruan paling mendasar pada versi Nougat adalah kehadiran Google Assistant yang menggantikan Google Now. Asisten digital tersebut lebih bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi. 

Fitur-fitur baru lainnya mencakup layar split-screen saat dipakai multitasking, serta fitur Doze yang telah dikenalkan di versi Android Marshmallow namun telah ditingkatkan. Android Nougat juga memiliki dukungan terhadap platform virtual reality terbaru Google.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menentukan Harga Jual Handphone Seken.

Tips Menentukan Harga Jual Handphone Seken. Sebelumnya selamat tahun baru 2016 semoga ditahun yang baru ini dapat membawa kita kejalan yang lebih baik lagi daripada tahun kemarin dan tahun depan lebih baik lagi dari tahun ini. Postingan kali ini saya akan menulis tentang tips mentukan harga jual handphone seken, ide ini saya ambil ketika saya ingin membeli sebuah handphone baru tapi hanphone lama saya masih ada dan kalu dibiarkan menganggur saya rasa rugi juga jadi saya coba untuk menjualnya saya coba jual disitus OxX dan juga menawarkan dikonter-konter dikota saya. Tentunya kita yang jual gak mau rugi dong… :D dan yang beli juga tidak mau rugi jadi harus sama-sama meguntungkan nah permasalahanya adalah dalam hal menjual sebauh handphone bekas yang perlu diperhatikan adalah menentukan harga jual berdasarkan usia pakai dan kondisi dari handphone tersebut. Ada beberapa cara yang secara umum digunakan dalam menetukan harga jual kembali diataranya adalah: Mencari informasi

Perbedaan Samsung Galaxy J1 Ace J110G dan J111F

Perbedaan Samsung Galaxy J1 Ace J110G dan J111F Foto: Samsung.com Pada kesempatan sebelumnya saya telah menulis atau sedikit mengulas tentang seri-seri dari samsung galaxy j1 ace yang ada, nah pada kesempatan kali ini tudak jauh berbeda ulasanya saya akan membahas perbedaan antara samsung galaxy j1 ace J110G dan samsung gallaxy j1 ace J111F. Kenapa saya angkat judul ini?, karena pertama mengingat kedua jenis inilah yang banyak dipasaran khususnya indonesia, kedua banyaknya orang-orang bertanya apasih perbedaanya atau bagusan mana?. Untuk itu simak ulasanya berdasarkan pegalaman saya sebagai pengguna samsung  j1 ace apa saja perbedaanya antara kedua seri samsung galaxy j1 ace tersebut. Saya pribadi menggunakan samsung galaxy seri  j1 ace seri J111F bisa dibilang ini adlah versi tertinggi untuk seri  J1 ace kenapa, karena pada samsung galaxy J1 ace J111F memiliki spesifikasi diatas yang lainya sedikit lebih tinggi baik itu dari segi prosesor atau dari segi memory penyimpana

4 Alasan Kenapa Update OTA Sebaiknya Menggunkan Wifi

Update OTA Tidak dipungkiri lagi jika suatu devloper perangkat lunak memberikan/membuat suatu pembaharuan adalah langkah pemutakhiran dari versi sebelumnya yang membawa perubahan menjadi lebih baik lagi. Dalam pembaharuan ini baik untuk perangkat seluler maupun pc/tablet biasanya dikenal dengan system OTA (over onthe air) pembaharuan secara nikreble yang dilakukan langsung oleh perangkat tersebut baik menggunakan data seluler ataupun wifi untuk mnegunduh data-data tersebut. Dalam banyak kasus saya menemui beberapa orang yang kesulitan atau gagal dalam melakukan pembaharuan perangkat lunak pada perangkatnya. Baca Juga: Penyebap Gagalnya Update Smartphone Ada berbagai macam penyebap kegagalan namun yang paling sering adalah buruknya koneksi data internet yang disinyalir menjadi penyebapnya. Tidak heran jika kita kadang sangat disarankan jika ingin mengupdate perangkat maka harus menggunakan wifi. kenapa harus menggunakan wifi? padahal hampir semua oprator seluler se